Tuesday, November 26, 2013
0 komentar

5 Alasan Penting Mengapa Memilih Berkarir Sebagai Jurnalis

12:23 PM
Karir Jurnalistik
Berkarir sebagai Jurnalis.
5 Alasan Penting Mengapa Memilih Berkarir Sebagai Jurnalis

Jurnalisme adalah semua tentang mencari (exploring) dan melaporkan peristiwa. Namun jurnalisme adalah bidang yang sangat luas dan besar dan mencakup banyak aspek dan profesi. Apapun bidang dan mode jurnalisme, singkatnya adalah kecenderungan untuk menyajikan laporan kepada khalayak secara tepat waktu.

Jurnalisme meliputi organisasi baik pemerintah dan non pemerintahan. Pesatnya perkembangan media sehingga memperluas permintaan dan pentingnya wartawan. Jurnalisme di media cetak sama sekali berbeda dengan jurnalisme multimedia tetapi mereka semua bekerja untuk pemirsa/khalayak.

Luasnya cakupan Jurnalisme dibagi menjadi tiga kategori yakni dokumenter, foto jurnalistik , dan editing. Menjadi jurnalis adalah pekerjaan yang sangat bertanggung jawab dan juga sangat menantang atau lebih tepatnya disebut tuntutan. Tidak semua orang bisa menjadi jurnalis. 

Jika Anda ingin memilih jurnalisme sebagai karir Anda, Anda perlu rapi terlebih dahulu. Tidak peduli Anda terkait dengan bidang jurnalistik yang mana, kepercayaan diri dan menyajikan kemampuan adalah dua syarat utama untuk menjadi seorang jurnalis yang sukses. Anda harus cukup percaya diri untuk menyajikan informasi yang akurat dan tepat kepada pemirsa atau pembaca.

Dalam catatan ini kita akan membahas tentang alasan penting yang mengapa orang harus memilih jurnalisme sebagai karier . Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang hal ini:

1. Yang pertama dan terpenting yang menarik orang ke arah jurnalisme adalah eksposur. Seorang wartawan yang berhasil mendapat kesempatan untuk berbicara dan berjalan dengan kepribadian paling terkenal di dunia yang bagi khalayak umum tidak pernah bisa bertemu. Tidak peduli itu adalah Presiden AS Barack Obama, penyanyi Lady Gaga, Perdana Menteri India Manmohan Singh atau orang lain. Jika Anda seorang jurnalis yang sukses Anda mungkin mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan tokoh-tokoh terkenal. Namun tidak semua jurnalis mendapatkan kesempatan seperti ini, tetapi jika Anda baik di tempat kerja Anda, Anda pasti bisa mendapatkan kesempatan untuk mencapai puncak karir jurnalisme.

2. Hal kedua dan sangat menarik tentang Jurnalisme adalah bahwa Anda cenderung untuk belajar banyak hal ketika Anda berada di lapangan. Ketika Anda bertemu orang-orang hebat atau pergi ke tempat yang jauh untuk mengumpulkan dan menulis cerita dimana Anda belajar sambil mencari dan mendapatkan bahan tulisan. Ketika Anda bertemu orang-orang dari berbagai bidang seperti politik, media, kesehatan, maupun keuangan, dan Anda mendapatkan pengetahuan tentang masing-masing  bidang tersebut dari mereka.

3. Menciptakan revolusi - Jika Anda pandai menulis, Anda dapat membuat sebuah revolusi dalam masyarakat. Ada istilah "pena lebih tajam dari pedang," bahwa dari sebuah pena dapat bekerja lebih kuat dari pedang. Seorang wartawan yang baik dan berdedikasi dapat membawa perbedaan dalam tatanan kekuasaan serta tuntutan hukum yang tidak adil, dan pastinya dengan cara yang lebih terhormat turut membantu orang lain untuk menjalani hidup mereka dengan lebih baik.

4. Ketika Anda mulai menyatu dengan pekerjaan Anda di bidang jurnalistik, pastinya Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman. Anda dapat bergerak maju dan melangkah lebih jauh dengan pengalaman Anda, mungkin juga anda bisa mendapatkan promosi. Bila Anda bekerja untuk sebuah majalah kecil, kemungkinan Anda dapat melangkah jauh untuk surat kabar terkemuka  atau media TV pada skala nasional.

5. Jurnalisme adalah satu-satunya profesi di mana Anda mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan ke seluruh negeri dan bahkan keluar negeri dengan biaya perusahaan. Jika Anda baik di tempat kerja Anda perusahaan dapat mempekerjakan Anda untuk proyek-proyek di luar negeri dan Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk pergi ke luar negeri atas biaya perusahaan dengan berbagai fasilitas dan mungkin saja kemewahan.

Anda juga bisa memilih jurnalisme freelance atau jurnalisme dengan gaji tetap sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Apakah Anda seorang jurnalis pers atau jurnalis televisi , semua yang Anda butuhkan adalah dedikasi dan kerja keras untuk bergerak maju . 

Meskipun ini bukan daftar lengkap manfaat jurnalistik dan alasan memilih berkarir dalam dunia jurnalisme, saya telah mencoba untuk menuliskan hal terbaik sebatas yang saya tahu.

Saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang bermimpi berkarir dalam dunia jurnalisme. Dari sanalah ide membuat posting ini muncul dalam pikiran saya yang akan membantu generasi muda tahu lebih banyak tentang jurnalisme dan berkarir sebagai jurnalis.


Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top