Tuesday, November 26, 2013
2 komentar

Jenis-Jenis Media Massa Berdasarkan Bentuknya

1:14 PM
Jenis-jenis media massa
Jenis-jenis media massa.
Media massa atau Pers adalah suatu istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.

Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi karena pilihan mereka yang terbatas. Masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses banyak media massa, termasuk bertanya langsung pada sumber atau ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa tertentu.

Pada fungsinya media massa adalah suatu alat/media sebagai perantara untuk menyampaikan pesan/informasi dari sumber kepada khalayak umum dalam jumlah yang banyak (massa). Jadi media massa adalah bagian dari komunikasi massa. 

Jenis-jenis media massa ada 3 yaitu; Media cetak, media elektronik dan media internet.

Berikut kita bahas tentang 3 Jenis Media Massa;

1. Media Cetak  (Printed Media)
Surat kabar adalah contoh media cetak
Surat kabar adalah contoh media cetak.
Adalah media massa pertama kali muncul di dunia pada tahun 1920 an. Di kala itu pada awalnya media massa digunakan pemerintah untuk mendoktrin masayarakat, sehingga membawa masyrakat pembaca kepada suatu tujuan tertentu. Seperti teori jarum suntik pada teori komunikasi massa. Namun sekarang sudah sangat kebebasan pers, seperti timabal balik dari audiens.

Contoh-contoh media cetak seperti; surat kabar, majalah dan tabloid

2. Media Elektronik (Electronic Media)
Radio dan Televisi adalah contoh media elektronik
Radio dan Televisi adalah contoh media elektronik.
Setelah media cetak muncullah media elektronik pertama yaitu radio. Yaitu sebagai media audio yang menyampaikan pesan lewat suara. Kecepetatan dan ketepatan waktu dalam penyampain pesan radio tentu lebih cepat dengan menggunakan siaran langsung. Pada waktu penyebaran informasi Proklamasi Kemerdekaan media massa radio berperan utama dalam penyebaran berita.

Setelah itu muncul Televisi yang lebih canggih bisa menayangkan gambar. Yaitu sebagai media massa audio visual.

3. Media Massa Internet (Cyber Media / Online Media)
Contoh media massa internet atau media online
Contoh media massa internet atau media online.
Baru populer di abad 21, google lahir pada tahun 1997. Media internet bisa melebihi kemampuan media cetak dan elektronik. Apa yang ada pada kedua media tersebut bisa masuk dalam jaringan internet melalui website. Banyak kelebihan media maassa internet dibanding media yang lain.

Namun akses internet yang masih terbilang bebas bisa berbahaya bagi pengguna yang belum mengerti. Misalnya penipuan, pornografi dsb. Media internet tidak harus dikelola sebuah perusahaan layaknya media cetak dan elektronik,  melainkan bisa juga dilakukan oleh individu.


Semoga bermanfaat... :)
Berbagai sumber.

2 komentar:

  1. Nanya mas... Buku atau teori siapa yang menyebutkan bahwa media massa terdiri dari media cetak, elektronik dan siber.?
    Perlu nih buat bahan skripsi...
    Terima Kasih..

    ReplyDelete
  2. kak, kalau boleh tau jenis-jenis media massa itu ada sumber bukunya ga kk?
    thanks before

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top